Migrasi Data dari Database Lain ke Database Tibero

Updated: Aug 22, 2019

Kemudahan dalam melakuan migrasi data antar RDBMS yang sama atau berbeda, merupakan hal yang penting untuk dimiliki sebuah database. Hal ini pula yang membuat RDBMS Tibero memiliki keunggulan dibanding RDBMS lainnya, karena pada RDBMS Tibero memilki tools yang memudahkan penggunanya untuk melakukan migrasi data secara langsung atau direct migration.


Tools yang digunakan Tibero untuk melakukan proses migrasi dari RDBMS lain ke RDBMS Tibero yaitu:

  • T-Up.

  • Table Migrator.

Selain itu Tibero juga memiliki tools yang dapat digunakan untuk melakukan proses migrasi dari sumber data lainnya seperti SAM files dan export database :

  • tbLoader.

  • tbExport.

  • tbImport.

Berikut adalah beberapa RDBMS yang dapat dimigrasikan secara langsung ke RDBMS Tibero antara lain:

  • Oracle.

  • DB2.

  • SQL Server.

  • Informix.

  • Sysbase ASE.

  • MySQL.

  • PostgreSQL.


Migrasi dari RDBMS lain ke RDBMS Tibero


T-Up

T-up merupakan tools yang disediakan oleh Tibero untuk melakukan analisa kompatabilitas dan migrasi data dari RDBMS lain ke RDBMS Tibero dalam bentuk GUI. Tools T-Up dapat dijalankan pada operating system baik Windows maupun Linux. T-Up sangat efektif digunakan dalam memigrasi database dengan skema dan tingkat kompleksitas yang sederhana (low level dependency).





  • Analisa kompatibilitas Fitur ini digunakan untuk menganalisa tingkat kompatibilitas skema objek, SQL statement, dan database related application APIs dari RDBMS yang akan dimigrasikan ke RDBMS Tibero. Hasil dari analisa kompatibilitas ini disajikan dalam format HTML.



  • Migrasi T-Up juga dapat digunakan untuk memigrasi skema objek, seperti table, index, view, program PSM, dan sebagainya dari RDBMS lain ke RDBMS Tibero sehingga skema objek yang sudah ada, dapat digunakan kembali pada RDBMS Tibero.

          - Migrasi dapat dilakukan terhadap semua atau beberapa skema (user).

          - Skema Objek seperti table, index, view, synonym dan berbagai constraint yang ada

             pada table dapat dimigrasikan secara langsung.

          - Migrasi privilege dan roles.Menampilkan informasi tentang target database yang

             akan dimigrasikan.

          - Memilki beberapa cara migrasi.

          - Menampilkan status migrasi yang sedang berlangsung




Table Migrator

Table Migrator merupakan tools lainnya yang disediakan oleh Tibero untuk melakukan migrasi data dari RDBMS lain ke RDBMS Tibero. Table Migrator efektif untuk digunakan dalam melakukan migrasi dengan ukuran dan jumlah table yang besar. Untuk melakukan proses migrasi, stuktur objek harus terlebih dahulu dipersiapkan dan JDBC connector diperlukan pada RDBMS yang akan dimigrasi.





Migrasi dari text file (SAM File) dan export database ke RDBMS Tibero


tbLoader

tbLoader merupakan tools yang disediakan oleh Tibero untuk memigrasikan data dalam bentuk SAM File (Separated Comma) ke RDBMS Tibero. Dengan tbLoader, tidak diperlukan membuat SQL Statement pada saat memasukan data ke dalam RDBMS Tibero melainkan hanya dengan mengkonversi column data menjadi bentuk text file.



tbExport dan tbImport

tbExport dan tbImport adalah tools yang disediakan oleh Tibero untuk mengeluarkan dan memamasukan semua bagian dari skema objek RDBMS Tibero yang disimpan menjadi unique type file (universal dump file).



Demikian penjelasan singkat mengenai kemudahan migrasi yang ditawarkan oleh Tibero, pada artikel selanjutnya kami akan menjelaskan lebih dalam mengenai masing-masing tools yang sudah dijelaskan diatas.


Tentang Tibero :

Tibero adalah sebuah RDBMS yang dikembangkan sejak tahun 2003 oleh TmaxSoft sebuah perusahaan perangkat lunak dari Korea Selatan. Tibero adalah database yang sangat kompatibel dengan Oracle baik dari sisi fungsionalitas, data dictionary, data type, object type dan lain sebagainya, dan saat ini Tibero merupakan satu-satunya database selain Oracle yang menerapkan teknologi clustering berbasis shared-disk. Dengan Penghematan TCO hingga 80% Tibero merupakan pilihan database berskala enterprise yang sangat baik. Untuk informasi selengkapnya, hubungi tibero@global-infotech.co.id atau aswin.hutapea@global-infotech.co.id

115 views
  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram