top of page

Kenali Dark Web Monitoring, Ketahui Kebocoran Kredensial!

Dalam era digital yang semakin maju, keamanan data menjadi semakin penting. Terutama bagi individu dan perusahaan yang sering menggunakan layanan online dan menyimpan informasi penting seperti kredensial login, data keuangan, dan informasi pribadi lainnya. Namun, ketika kita berbicara tentang keamanan data, seringkali kita melupakan potensi risiko yang terkait dengan dark web.


Apa itu Dark Web?

Sebelum membahas tentang dark web monitoring, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu dark web. Dark web merupakan bagian dari internet yang tidak terindeks oleh search engine konvensional seperti Google atau Bing. Di sini, para pengguna dapat menjelajahi berbagai situs web yang tidak dapat diakses secara terbuka di internet biasa. Dark web sering kali dikaitkan dengan aktivitas ilegal seperti penjualan obat terlarang, senjata, dan informasi pribadi yang diperoleh secara ilegal. Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua aktivitas di dark web ilegal. Ada juga forum diskusi dan layanan yang berusaha untuk menjaga privasi pengguna.


Mengapa Dark Web Monitoring Penting?

Dengan begitu banyaknya aktivitas ilegal yang terjadi di dark web, risiko kebocoran data menjadi sangat tinggi. Data pribadi termasuk kredensial yang dicuri dari perusahaan atau individu seringkali dijual di dark web kepada pihak yang tidak bertanggung jawab. Kebocoran kredensial login, seperti nama pengguna dan sandi, dapat menyebabkan akses tidak sah ke akun pengguna, yang pada gilirannya dapat mengakibatkan pencurian identitas, kerugian finansial, maupun kerugian lainnya.


Inilah mengapa dark web monitoring menjadi sangat penting. Dark web monitoring adalah proses memantau dark web untuk mencari tahu apakah data pribadi atau kredensial login seseorang telah bocor dan dijual di black market. Dengan memantau dark web secara teratur, individu dan perusahaan dapat mengetahui apakah informasi sensitif mereka telah tersebar bebas, sehingga mereka dapat mengambil tindakan pencegahan yang sesuai.



Dark web monitoring bekerja dengan cara memantau forum, black market, dan situs web lainnya di dark web untuk mencari tahu apakah ada informasi yang berpotensi membahayakan. Biasanya, perusahaan keamanan cyber menggunakan perangkat lunak khusus yang dapat melakukan pencarian otomatis di dark web dengan menggunakan algoritma yang kompleks untuk mengidentifikasi data yang dicuri.


Ketika informasi yang mencurigakan ditemukan, seperti kredensial login atau informasi kartu kredit, sistem dark web monitoring akan memberikan peringatan kepada individu atau perusahaan yang terpengaruh. Peringatan ini memungkinkan mereka untuk segera mengubah sandi atau mengambil tindakan lainnya untuk melindungi diri mereka dari potensi penyalahgunaan informasi mereka.


Dark Web Monitoring secara Mandiri

Secara umum, dark web monitoring dapat dilakukan secara mandiri. Bagi pengguna Google One, tersedia layanan Dark Web Report untuk melihat data breach yang sudah tersebar di dark web. Fitur pada Google One ini dapat memeriksa username, nama, tanggal lahir, alamat, email address, nomor handphone, hingga password yang tersebar. Jika terindikasi bocor, Google One akan memberikan peringatan dan saran keamanan tambahan, seperti menggunakan sandi yang kuat dan berbeda untuk setiap akun, serta mengaktifkan fitur otentikasi dua faktor untuk lapisan keamanan tambahan. Selain Google One, dark web monitoring akun pribadi juga dapat dilakukan melalui haveibeenpwned.com.


Jika tertarik untuk melakukan Dark Web Monitoring untuk perusahaan, Anda bisa mencoba beberapa platform secara gratis, salah satunya adalah SOC Radar. Di platform ini, Anda bisa mencari data yang tersebar secara bebas di forum hacker, telegram, dan lokasi dark web lainnya.


Jadi, dark web monitoring adalah alat yang penting dalam menjaga keamanan data di era digital saat ini. Dengan memantau dark web secara teratur, individu dan perusahaan dapat mengidentifikasi dan menanggapi kebocoran data dengan cepat, mengurangi risiko pencurian identitas, dan melindungi reputasi mereka. Meskipun dark web mungkin terlihat sebagai lingkungan yang gelap dan berbahaya, dengan menggunakan dark web monitoring, kita dapat mengambil langkah untuk menjaga keamanan dan privasi kita secara online


Mari jaga keamanan data pribadi dan perusahaan, hubungi kami untuk cari tahu lebih lanjut!

Comments


bottom of page