top of page

SIEM vs SOAR: Superhero Dunia Cybersecurity

Hi #GISFamily Welcome to Serba Serbi Siber!

Kita telah mengenal SIEM dan SOAR sebagai dua teknologi yang membentengi dunia digital kita. Tapi, ada lebih banyak lagi yang bisa kita gali tentang mereka.


SIEM: Si "Detektif Handal"

SIEM singkatan dari Security Information and Event Management, tidak hanya mengumpulkan dan menganalisis data keamanan tetapi juga dapat merespons secara otomatis terhadap ancaman yang terdeteksi. Dengan kemampuan ini, SIEM dapat meningkatkan waktu identifikasi dan respons terhadap ancaman keamanan, memungkinkan tim IT dan keamanan untuk melacak serangan melalui data log yang terpusat​​.


SOAR: Si "Tim Penyelamat Cepat Tanggap"

SOAR singkatan dari Security Orchestration, Automation, and Response, di sisi lain, lebih fokus pada otomatisasi respons keamanan. Ini mengintegrasikan berbagai alat dan aplikasi dalam sistem keamanan untuk mengotomatisasi alur kerja respons terhadap insiden. SOAR memangkas waktu yang dibutuhkan dari identifikasi pelanggaran hingga penyelesaiannya, mengelola insiden dengan kecepatan dan efisiensi yang lebih tinggi. Ini menggabungkan orkestrasi, otomatisasi, dan respons untuk menangani berbagai tantangan keamanan yang dihadapi oleh tim terkait​​.


Perbedaan Kunci Antara SIEM vs SOAR

Meskipun keduanya menggunakan data yang sama, yaitu data log dan peristiwa, terdapat perbedaan signifikan dalam cara pengumpulan data dan respons terhadap ancaman. SIEM membutuhkan intervensi manusia lebih banyak, sementara SOAR bertujuan untuk meminimalkan campur tangan manusia melalui otomatisasi. Ini membuat SOAR lebih efisien dalam menyaring peringatan palsu dan memungkinkan analis keamanan untuk fokus pada peningkatan respons insiden. SOAR juga mengintegrasikan lebih banyak jenis data dari berbagai sumber dibandingkan dengan SIEM​​.


Menggabungkan SIEM dan SOAR dapat memberikan sistem keamanan yang lebih kuat dan responsif. Dengan memahami peran penting keduanya, #GISFamily dapat meningkatkan perlindungan terhadap aset digital. Jadi, bagaimana dengan sistem keamanan di tempat #GISFamily? Sudahkah terlindungi oleh duet maut SIEM dan SOAR ini?


Ayo Lindungi Data #GISFamily!

Jangan tunggu hingga terjadi insiden keamanan. Mulailah dengan mengevaluasi sistem keamanan saat ini. Apakah memerlukan peningkatan dengan menambahkan SIEM atau SOAR? Atau mungkin keduanya? Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan konsultasi dan solusi yang tepat untuk bisnis atau organisasi #GISFamily. Ingat, pencegahan lebih baik daripada penanganan setelah terjadi insiden. Mari kita jadikan dunia digital kita lebih aman bersama!



Commenti


bottom of page