tbLoader

Pada artikel sebelum-sebelumnya, kita sudah membahas mengenail tools T-Up dan Table Migrator untuk melakukan migrasi data. Artikel kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai tools yang dimiliki oleh Tibero untuk melakukan migrasi data dari database lain ke database Tibero, yaitu tbLoader.


tbLoader merupakan tools yang disediakan oleh Tibero untuk memigrasikan data dalam bentuk SAM File (Separated Comma) ke RDBMS Tibero.  Dengan tbLoader, tidak diperlukan membuat SQL Statement pada saat memasukan data ke dalam RDBMS Tibero melainkan hanya dengan mengkonversi column data menjadi bentuk text file. tbLoader sudah otomatis terinstall di dalam Tibero, sehingga tidak diperlukan lagi software tambahan. tbLoader dapat langsung dijalankan dalam command prompt, dengan menambahkan parameter-parameter yang dibutuhkan. 


Pengoperasian


Berikut adalah tahapan pengoperasin dalam menjalakan tbLoader.


1. Persiapkan data SAM File yang akan dimigrasikan kedalam database Tibero. 

Gambar 1. Data yang akan dimigrasi dalam bentuk text file.



2. Selanjutnya diperlukan untuk membuat struktur objek seperti table, tablespace, dan index yang diperlukan terlebih dahulu pada database Tibero.

Gambar 2. Create table pada database Tibero


3. Hal selanjutnya adalah membuat control file. Control file ini berfungsi untuk menjelaskan parameter yang digunakan untuk menjalankan tbLoader.

Gambar 3. Control file


4. Jalankan tbLoader. TbLoader harus dijalankan pada directory dimana terdapat text file data yang akan dimigrasikan dan control filenya. 

Gambar 4. Execute tbLoader


5. Setelah tbLoader selesai dijalankan, maka hal selanjutnya melakukan pemeriksaan terhadap log file dan bad file. Log file ini akan otomatis terbentuk ketika tbLoader sudah selesai menjalankan migrasi, sedangkan bad file akan otomatis terbentuk jika tbLoader sudah selesai menjalankan migrasi dan terdapat eror selama proses migrasi berlangsung. 


Log file sendiri berisi rangkuman proses migrasi yang sudah dilakukan. Log file berisi informasi berubah sumber data yang di migrasi, jumlah data yang termigrasi, jumlah data yang tidak termigrasi, total waktu yang digunakan untuk melakukan migrasi, dan lain-lain.

Gambar 5. Log file migrasi


6. Jika semua data berhasil termigrasi, bisa dilakukan pengecekan jumlah data terhadap table yang dimigrasi pada database Tibero.

Gambar 6. Jumlah data yang termigrasi ke table data_produk.


Gambar 7. Isi table data_produk.


Sekian penjelasan mengenai cara melakukan migrasi data menggunakan tbLoader. Pada artikel selanjutnya kita akan membahas tools lainnya yang dimiliki Tibero, untum melakukan migrasi data dari database lain ke database Tibero. 


Tentang Tibero :

Tibero adalah sebuah RDBMS yang dikembangkan sejak tahun 2003 oleh TmaxSoft sebuah perusahaan perangkat lunak dari Korea Selatan. Tibero adalah database yang sangat kompatibel dengan Oracle baik dari sisi fungsionalitas, data dictionary, data type, object type dan lain sebagainya, dan saat ini Tibero merupakan satu-satunya database selain Oracle yang menerapkan teknologi clustering berbasis shared-disk. Dengan Penghematan TCO hingga 80% Tibero merupakan pilihan database berskala enterprise yang sangat baik. Untuk informasi selengkapnya, hubungi tibero@global-infotech.co.id atau aswin.hutapea@global-infotech.co.id


33 views
  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram