top of page

Strategi Mitigasi Credential Dumping

Di era digital yang kian terkoneksi, cybersecurity menjadi aspek krusial bagi individu, bisnis, maupun organisasi lainnya. Salah satu ancaman yang perlu diwaspadai adalah credential dumping, dimana pelaku secara diam-diam mencuri credential login pengguna seperti username dan password, dari device korban. Credential ini kemudian disalahgunakan untuk mengakses akun dan data sensitif, yang membahayakan keamanan dan privasi.


Sama seperti kunci fisik untuk membuka pintu rumah, login credential berfungsi sebagai "kunci digital" yang membuka akses ke sistem IT, smartphone, tablet, dan perangkat lainnya. Meskipun mendapatkan credential ini tidak selalu mudah, konsekuensi dari berhasil mengaksesnya bisa sangat merugikan. Artikel ini akan mengulas mengenai credential dumping, bagaimana cara kerjanya, dan langkah-langkah mitigasi yang dapat diterapkan untuk terlindung dari serangan ini.


Credential Dumping dapat dilakukan dapat dilakukan melalui berbagai cara:


Malware

Malware Trojan berbahaya, seperti Emotet dan TrickBot, dapat ditanamkan pada device korban melalui email phishing, link, atau drive USB yang terinfeksi. Malware ini kemudian menargetkan local storage dan RAM untuk mencuri data credential dari browser web, aplikasi email, dan program lainnya yang disimpan di device. Ransomware juga dapat digunakan untuk mencuri seluruh data korban selain daripada mengenkripsinya.


Spyware

Spyware Keylogger, seperti contohnya Zeus Panda dan Azorult, dapat merekam semua penekanan tombol keyboard pada device korban. Pelaku dapat menggunakan keyloggers ini untuk mencuri credential saat korban mengetik username dan passwordnya di situs web atau aplikasi.


Serangan Brute Force

Pelaku dapat menggunakan Brute Force Attack untuk menebak credential korban. Serangan ini melibatkan percobaan berbagai kombinasi username dan password sampai mereka berhasil masuk ke akun korban.


Serangan Man-in-the-Middle (MitM)

Pelaku dapat melakukan serangan MitM untuk mencegat komunikasi antara device korban dan server online. Dengan cara ini, mereka dapat mencuri credential saat korban login ke akun online.


Credential Dumping dapat menimbulkan dampak yang serius bagi individu, bisnis, dan organisasi. Berikut beberapa kerugian yang dapat ditimbulkan dari Credential Dumping:

  • Pencurian Identitas:

  • Pelaku dapat menggunakan kredensial curian untuk meniru identitas korban.

  • Mereka dapat membuka akun baru atas nama korban, melakukan penipuan, dan merusak reputasi korban.

  • Kehilangan Data:

  • Pelaku dapat menggunakan kredensial curian untuk mengakses akun korban dan mencuri data sensitif.

  • Data ini dapat termasuk informasi keuangan, data pribadi, dan data rahasia perusahaan.

  • Kerugian Finansial:

  • Pelaku dapat menggunakan kredensial curian untuk melakukan transaksi keuangan atas nama korban.

  • Hal ini dapat menyebabkan kerugian finansial yang signifikan bagi korban.

  • Gangguan Operasional:

  • Bagi organisasi, credential dumping dapat menyebabkan gangguan operasional, downtime, dan hilangnya kepercayaan pelanggan.

  • Hal ini dapat terjadi jika akun penting diakses atau dikompromikan.


Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan sebagai strategi mitigasi credential dumping:


Implementasi penggunaan password yang kuat

Buat password yang panjang (minimal 12 karakter) dan kompleks dengan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan simbol. Hindari menggunakan password yang sama untuk beberapa akun.


Penerapan Multi-Factor Authentication (MFA)

MFA menambahkan lapisan keamanan tambahan dengan mengharuskan pengguna untuk memasukkan informasi tambahan, seperti kode OTP saat login.


Peningkatan kesadaran cybersecurity

Edukasi pengguna tentang bahaya credential dumping dan praktik keamanan siber yang baik, seperti tidak membuka email atau tautan mencurigakan, dan berhati-hati saat mengunduh file dari sumber yang tidak dikenal.


Implementasi security software terbaik

Install Antivirus dan Firewall terbaik untuk melindungi device dari malware dan serangan lainnya. Selain itu, penerapan Identity and Access Management (IAM) dan Security Information and Event Management (SIEM) juga dapat memperkuat sistem keamanan.


Update software ke versi terbaru

Selalu perbarui sistem operasi dan device lunak lain dengan patch keamanan terbaru untuk menutup celah keamanan yang dapat dieksploitasi oleh pelaku.


Credential dumping merupakan cyber threat dengan dampak yang cukup serius. Hubungi kami untuk mendapatkan solusi yang paling ampuh dalam mencegah terjadinya credential dumping.

Comments


bottom of page